SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS SUMBER JAYA

Senin, 10 Mei 2010

Kegiatan Puskesmas Sumber Jaya




UPTD Puskesmas Sumber Jaya terletak di daerah perkotaan , dimana pertambahan penduduknya berkembang pesat, UPTD Puskesmas Sumber Jaya mempunyai wilayah administrasi sebagian dari wilayah pemerintahan Kecamatan Tambun Selatan yang mencakup 2 desa, 6 dusun, 64 Rw, 368 RT . Kedua desa tersebut adalah Desa Sumber Jaya dan Desa Tridaya Sakti. Jarak terjauh ke Puskesmas yaitu 4 km dan jarak terdekat yaitu 1 km dengan waktu tempuh terlama adalah 25 menit dan waktu tempuh tercepat 5 menit dengan demikian dapat dikatakan bahwa seluruh desa di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sumber Jaya relatif terjangkau.

Secara kuantitatif, jumlah penduduk di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sumber Jaya pada tahun 2009 adalah 94.617 jiwa terdiri dari laki-laki 46.320 jiwa dan perempuan 48.297 jiwa , dengan kepadatan penduduk 9.840 jiwa per km2. Tingkat kepadatan penduduk di Desa Tridaya Sakti dengan rata-rata 11.740 jiwa/ km2 dan tingkat kepadatan hunian 5,1 rata-rata jiwa/ rumah tangga. Sedangkan Desa Sumber Jaya kepadatannya yaitu 8.966 jiwa / km2 dan kepadatan hunian 3,4 rata-rata jiwa / rumah .

Upaya kesehatan yang dilaksanakan di UPTD Puskesmas Sumber Jaya meliputi 6 program dasar wajib dan program pengembangan. Program dasar wajib terdiri dari Program Promosi Kesehatan, Program Kesehatan Ibu dan Anak, Program Kesehatan Lingkungan, Program P2M, Program Pengobatan dan Program Perbaikan Gizi. Adapun program penunjang adalah laboratorium sederhana dan pengelolaan obat serta Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS).

Sumber pembiayaan kesehatan di Puskesmas Sumber Jaya bersumber dari JPKMM ( Askes Gakin ) dan APBD Kabupaten. Sarana Kesehatan yang ada tersedia di puskesmas ini adalah satu Puskesmas Pembantu Tridaya Sakti yang terletak di Desa Tridaya Sakti. Puskesmas Pembantu ini berperan dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di daerah yang jauh dari Puskesmas Induk. Posyandu 70 buah yang tersebar di 2 desa wilayah kerja dibentuk dalam rangka mendekatkan dan memeratakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, yang melayanai sasaran masyarakat rawan diantaranya bayi, balita , ibu hamil , ibu menyusui , PUS dan WUS. Adapun jumlah sarana pelayanan kesehatan dasar swasta (SPKDS) yang ada di wilayah Puskesmas berjumlah 61 buah, terdiri dari Dokter Umum 23 SPKDS, Bidan 28 SPKDS, dan Balai Pengobatan 10 SPKDS.

Untuk sepuluh besar penyakit yang ada di puskesmas selama tahun 2009 , Nasofaringitis Acuta merupakan penyakit terbanyak diderita yaitu sebesar 27,55 %. Penyakit tersebut adalah penyakit yang sangat dipengaruhi oleh kebersihan lingkungan dan perilaku dari masyarakat, hal ini membuktikan betapa pentingnya peningkatan kesehatan lingkungan bagi masyarakat melalui upaya promotif dan preventif di wilayah Puskesmas Sumber Jaya.

0 komentar:

Posting Komentar